Iklan

iklan

Tinjau 6 Perusahaan Tambang di Morowali, DPRD Sulteng Fokus Pada Persolan Lingkungan dan Kesejahteraan Karyawan

Redaksi Topik
Jumat, 10 Februari 2023 | 09:34 WIB Last Updated 2023-11-19T23:56:34Z

Topik Sulawesi - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah yang terdiri dari gabungan komisi yakni komisi I, III dan IV, melakukan kunjungan kerja di 6 perusahaan tambang di Provinsi Sulawesi Tengah.


Ke 6 perusahaan tambang tersebut yang diantaranya berada di wilayah Kabupaten Morowali dan kabupaten Morowali Utara (Morut).


Kunjungan kerja tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi-III Sonny Tandra, dan Ketua Komisi-IV Dr.Ir.Alimuddin Paada,MS, dan beberapa Anggota Komisi I, III dan Komisi-IV yakni Zainal Abidin Ishak, Muhaimin Yunus Hadi, Marlela, Elisa Bunga Allo, Abdul Karim Aljufri, Rahmawati M.Nur, I Nyoman Slamet, dan Ibrahim A.Hafid, serta dihadiri oleh Inspektur Tambah Sulteng, dan juga Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulteng.


Kunjungan kerja tersebut diawal di kabupaten Morowali Utara yakni di PT. Trinusa Dharma Utama (TDU), PT. GNI dan PT. Bumanik, Kamis (09/01/2023. dan rencananya Kamis 10 Februari 2023 kunjungan kerja ini akan dilanjutkan di PT. BTIIG, PT. Wanxiang Nickel Indonesia dan PT. IMIP.


Ketua komisi 3 Sonny Tandra yang memimpin rapat dalam kenjungan kerja tersebut mengatakan pihaknya akan fokus pada persoalan lingkungan, tenaga kerja, dan kesejahteraan buruh.


"Ada beberapa hal yang mungkin akan kita fokuskan dalam kunjungan ini, yang pertama dulu kita ke persoalan lingkungan, kemudian nanti akan kita tanyakan juga soal kondisi dan keberadaan tenaga kerja baik tenaga kerja asing (TKA) maupun tenaga kerja lokal" kata Sonny Tandra saat membuka rapat kunker di PT. TDU.


Dalam pertemuan bersama manajemen perusahaan, para Wakil Rakyat ini juga mepertanyakan tentang comdev (community development) atau pengembangan masyarakat dan juga yang dikenal dengan CSR (Corporate Social Responsibility), bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.


Sementara penilaian soal amdal terhadap beberapa perusahaan Anggota menilai masih ada yang belum memenuhi syarat


"Walaupun mungkin ini kita tidak sempat mengunjungi langsung di lokasi, kita harap nanti dari pihak perusahaan untuk bisa memeperbaiki lagi pengelolaan dan penataan program amdalnya", ujar Wakil ketua Komisi III Zainal Abidin, di sela-sela Kunker tersebut.***(TS-Asriyadi)



iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tinjau 6 Perusahaan Tambang di Morowali, DPRD Sulteng Fokus Pada Persolan Lingkungan dan Kesejahteraan Karyawan

Trending Now