Iklan

iklan

Resmi Jabat Kapolda Sulteng, ini Sekilas Profil Irjen Pol Agus Nugroho

Redaksi Topik
Rabu, 29 Maret 2023 | 13:31 WIB Last Updated 2023-03-29T05:35:23Z

 

Irjen Pol. Agus Nugroho, SIK, SH, MH. (Kapolda Sulteng yang baru). (Foto: ist.)

TOPIK SULAWESI, Palu - Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi organisasi di tubuh Polri, sejumlah pejabat Polda di beberapa daerah berganti.


Salahsatunya di kesatuan Polda Sulawesi Tengah yang pimpinananya juga dilakukan pergantian, terkait hal itu Kapolri mengeluarkan 4 Surat Telegram untuk merotasi perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Polri.


Surat Telegram tertanggal 27 Maret 2023 tersebut, diantaranya melakukan pergeseran jabatan Kapolda Sulteng yang saat ini dipegang Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi akan diganti Irjen Pol. Agus Nugroho, SIK, SH, MH.


Baca Juga: Deretan 5 Pejabat Terkaya di Indonesia Versi LHKPN, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid Masuk Urutan Ke-4


Namun siapakah sosok pengganti Kapolda Rudy Sufahriadi itu?.


Dilansir dari berbagai sumber berikut ini sekilas profil Irjen Pol Agus Nugroho yang kini resmi menjabat sebagai Kapolda Sulteng.


Lahir pada tanggal 14 Agustus 1969 di Bandung, Agus Nugroho, S.IK., S.H., M.H. Semasa karirnya pernah ditugaskan di satuan reserse dan terakhir menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Latihan di Pusdiklat Polri Cilember Jawa Barat pada tahun 2020. Kini resmi menjabat sebagai Wakil Direktur Penindakan terhitung sejak 5/ 10/ 2022.


Beberapa pelatihan yang pernah diikuti antara lain Akademi Kepolisian (AKPOL) tahun 1991, Akpol tahun 2000, Sekolah Staf dan Manajemen Polri SESPIM POLRI Lulus Tahun 2008, SESPIMTI SESPIMTI POLRI Lulus Tahun 2016, PPSA Angkatan XXIII Lemhannas RI Lemhannas 2021RI. 


Baca Juga: Tolak Usulan TPP Sejumlah Perangkat Daerah Kab. Buol, LMND: Bukan Hal yang Urgent, Warga Miskin Masih Banyak


Selama karirnya, beliau mendapatkan penghargaan seperti Piagam Kesetiaan 8 Tahun dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2000, Piagam Kesetiaan 16 Tahun dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2008, dan Piagam Presiden Dwijastita. Tahun 1996, Sertifikat Kesetiaan 24 Tahun Presiden RI Tahun 2016, Piagam Emas Kapolri Tahun 2019.  

 

Selain itu, ia memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Hukum Sekolah Tinggi Cianjur dan gelar master dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.


Demikian sekilas profil Irjen Pol Agus Nugroho.****

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Resmi Jabat Kapolda Sulteng, ini Sekilas Profil Irjen Pol Agus Nugroho

Trending Now

Iklan

iklan