Iklan

iklan

Setting ini Agar Memory HP mu Tidak Mudah Penuh Dari File WA Group Yang Masuk Otomatis

Redaksi Topik
Minggu, 05 Juni 2022 | 14:39 WIB Last Updated 2023-03-21T15:56:06Z

"Dengan melakukan settingan seperti di atas maka kamu bisa mengatur penggunaan memory handphone mu terhadap file-file yang masuk di chat group yang kadang tersimpan secara otomatis."


Topiksulawesi.com - Media Sosial WhatsApp merupakan salah satu platform yang saat ini paling banyak digunakan orang untuk melakukan komunikasi melalui pesan, panggilan suara, hingga panggilan video (video call).


Di WhatsApp kita juga bisa berkomunikasi secara massal melalui pesan dengan lebih banyak teman untuk bisa saling terhubung dan update informasi melalui WA Group.


Mungkin dari kalian banyak yang memiliki group WhatsApp di handphone nya, baik itu grup wa Keluarga, grup angkatan di sekolah, grup kantor tempat bekerja, grup komunitas dengan hobi yang sama, dan masih banyak lagi.


Namun akibat banyaknya nya file yang dibagikan di wa grup, baik itu file gambar/foto, file musik/audio, video, dokumen dll. membuat memory handphone mu sering penuh dan bisa saja menghambat kinerja HP kamu.


Pada kesempatan kali ini, admin ingin berbagi tips dan cara setting aplikasi WhatsApp agar file-file yang masuk di grup WhatsApp kamu tidak secara otomatis tersimpan di memory Handphone mu, kecuali setelah kamu memilh untuk menyimpannya. dengan begini file-file gambar/foto, video dan lain sebagainya yang tidak penting tidak secara otomatis tersimpan dan membuat memory HP mu mudah penuh. atau lebih simpelnya "cara atasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp terlalu banyak chat dan file yang masuk otomatis".


Nah bagi kamu yang belum mengetahui caranya, simak langkah-langkahnya berikut ini :


1. Buka Aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan di Handphone mu.


2. Setelah terbuka, Klik (titik tiga) di pojok kanan atas. lalu pilih "setelan"


3. Klik menu "penyimpanan dan data", lalu pergi ke "unduh otomatis media"

4. Dibagian unduh otomatis media terdapat 3 menu yang tersedia (saat menggunakan data seluler, saat terhubung ke Wi-Fi, dan saat roaming)



5. Klik masing-masing 3 pilihan menu tersebut, lalu akan tampil pilihan (Foto, Audio, Video, Dokumen)


6. Kosongkan semua centang di dalam kotak pilihan menu tersebut. lakukan pada menu berikutnya, lalu klik "ok"



Catatan : 


- tanda centang yang diberikan pada file yang di pilih (foto, audio, video, atau dokumen) filenya akan masuk ke memory handphone secara otomatis.


- bila tidak memberi centang pada semua file yang tersedia (foto, audio, video dan dokumen) File hanya akan tersimpan di memory handphone mu bila kamu melakukan pilihan untuk menyimpannya ke media handphone mu.


Dengan melakukan settingan seperti di atas maka kamu bisa mengatur penggunaan memory handphone mu terhadap file-file yang berada di chat group yang kadang tersimpan secara otomatis.


Sekarang Kamu tidak perlu khawatir dengan memiliki banyak grup whatsapp di HP mu karena file-file yang dikirim di dalam grup tidak lagi akan tersimpan otomatis di HP mu kecuali dengan izin kamu untuk menyimpannya.


Demikian tips dan cara simpel atasi file dari WhatsApp yang tersimpan secara otomatis ke handphone mu. Semoga bermanfaat, selamat mencoba..!! (TS-Admin)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Setting ini Agar Memory HP mu Tidak Mudah Penuh Dari File WA Group Yang Masuk Otomatis

Trending Now