Iklan

iklan

Lembut Banget! Cocok Untuk Takjil, Resep Membuat Bubur Sumsum Agar Teksturnya Lembut

Redaksi Topik
Jumat, 08 April 2022 | 15:48 WIB Last Updated 2022-04-08T07:57:50Z

Topiksulawesi.com - Menu sajian saat berbuka Puasa menjadi cirikhas yang mewarnai indahnya bulan Ramadhan, bergam menu takjil dijajakan khusunya saat menjelang berbuka puasa di sore hari.

Namun tidak ada salahnya bila Bunda membuat sendiri menu takjil yang sederhana di rumah, selain bisa menghemat ditengah tingginya harga sejumlah bahan pokok Bunda juga dapat menyajikan menu takjil untuk berbuka puasa yang Higienis dan tentu saja Halal.

Berikut ini topiksulawesi.com merekomendasikan sajian menu takjil untuk berbuka puasa yang sederhana, murah, namu menyehatkan yah Bund..!!

Adpun menu yang akan kita bahas kali ini adalah Bubur Sumsum. Bubur yang sederhana dengan cirikhasnya yang lembut ini yang disajikan dengan kinca gula merah membuat Rasanya makin gurih dengan rasa yang manis legit dengan saus gula merah dan wangi pandan yang Khas.

Ya, Bubur sumsum merupakan salah satu bubur tradisional khas Jawa yang sering disajikan dalam acara khusus. Tetapi kini banyak dinikmati sebagai salah satu kudapan manis khuusnya pada saat bulan puasa seperti saat ini sebagai menusajian buka puasa yang menyehatkan

Disebut dengan bubur sumsum karena banyak dinikmati sebagai makanan untuk pemulihan tenaga, memulihkan sumsum setelah bekerja berat. Biasanya banyak dihidangkan pada acara penikahan atau pindah rumah.



Berikut Bahannya yang sederhana dan mudah untuk dibuat :

Bahan-bahan :
- 200 g tepung beras
- 1/2 sdt garam
- 2 liter santan segar
- 2 lembar daun pandan, ikat
- 1 sdt esens vanili, jika suka

Saus Kinca Gula Merah:
- 500 g gula aren atau gula Jawa, sisir halus
- 3 sdm gula pasir
- 500 ml air
- 1 lembar daun pandan, potong-potong

Cara Membuat Bubur Sumsum :
Masukkan tepung beras dalam wadah, masukkan 500 ml santan kemudian aduk-aduk sampai larut.
Panaskan sisa santan dalam panci, beri garam, daun pandan dan vanili, masak hingga panas namun belum mendidih.
Tuangkan larutan tepung beras lalu kecilkan api. Aduk-aduk hingga menjadi adonan yang kental, biarkan mendidih dan teksturnya licin lalu angkat.

Saus Kinca:

Rebus semua bahan menjadi satu hingga gula larut dan mendidih. Angkat lalu saring dan dinginkan.
Sajikan bubur sumsum dengan saus kinca gula merah.

Nah tips berikut ini bisa Bunda coba juga, Tips membuat bubur sumsum agar teksturnya lembut creamy, dan tidak bergumpal.

1. Tepung Beras
Tepung beras kemasan dalam berbagai merk ada di pasaran yang masing-masing punya tingkat kekeringan yang berbeda. Tingkat kekeringan akan mempengaruhi kekentalan bubur. Pilih merk yang bisa kamu pakai agar lebih mudah mengenali takaran cairannya.

2. Santan
santan segar dan santan instan bisa dipakai. Tetapi untuk rasa gurih alami, sebaiknya pakai santan segar dengan kekentalan sedang. Tetapi jika memakai santan instan, perhatikan perbandingan air dan santannya. Jangan terlalu kental karena bubur akan berminyak.

3. Api Kecil
Saat memasak adonan tepung beras dan santan, gunakan selalu api kecil. Ini agar adonan tepung beras bisa menyatu sempurna. Jangan lupa aduk-aduk terus hingga mendidih, licin dan creamy teksturnya.


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lembut Banget! Cocok Untuk Takjil, Resep Membuat Bubur Sumsum Agar Teksturnya Lembut

Trending Now