Iklan

iklan

Video : Unik dan Langka!!, Jantung Pisang Tumbuh Di Pohon yang Telah di Tebang

Redaksi Topik
Kamis, 07 April 2022 | 14:30 WIB Last Updated 2023-03-18T23:36:15Z


Topiksulawesi.com, Poso - Fenomena jantung pisang yang tumbuh di batang pohon pisang yang telah ditebang membuat heboh warga, peristiwa langka itu terjadi Di kelurahan madale, kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).


Berbeda dari biasanya, jika umumnya Jantung Pisang tumbuh di ujung tandan buah pisang maka yang ini jantung pisangnya tumbuh di bangkai pohon yang telah ditebang.


Pemilik Pisang, Pak Dewa kepada topiksulawesi.com mengatakan, kejadian itu diketahuinya saat dirinya hendak ke kebun yang berada tidak jauh dari rumahnya untuk membersihkan kebunnya, sesampainya di kebun dirnyapun sontak kaget melihat fenomena itu, awalnya dirinya pun mengira jantung pisang itu hanya diletakkan oleh seseorang di tengah pohon tersebut, namun setelah dirinya mendekati dan memeriksanya dengan cermat, ternyata diketahuinya Jantung pisang itu memang benar-benar tumbuh dari batang pohonnya.


“Saat saya sampai di kebun, saya tiba-tiba kaget melihat kejadian itu, apa iya jantung pisang tumbuh dari pohonnya?, ataukah hanya diletakkan orang saja? Ternyata setelah saya periksa ini asli  jantung pisangnya benar-benar tumbuh di pohonnya itu, jantung pisangnya terlihat tumbuh dengan subur” ungkap Pak Dewa.


"Semula saya tidak percaya karena logikanya, kalau batang pohon sudah ditebang dan dibiarkan begitu saja, biasanya akan membusuk. Tapi, ini malah ditumbuhi jantung pisang,"


Lanjut Pak Dewa menerangkan “sekitar 2 bulan yang lalu saya memang menebang pohon pisang ini hingga terpotong menjadi dua bagian, tidak ada tanda-tanda yang aneh denga pohon pisang itu, namun sekitar dua bulan kemudian saya kembali ke Kebun untuk membersihkan tanaman jagung saya, dan saya daptkan pohon pisang ini telah mengeluarkan jantung pisang melalui pohon yang telah saya tebang sebelumnya” terang Dewa.


Jantung Pisang Tumbuh Di Pohon yang Telah Ditebang


Kejadian itu pun sempat diabadikan oleh Pak Dewa dan mengunggahnya ke Media Sosial miliknya alhasil postingannya itu pun sempat viral dan banyak ditanggapi oleh warga net.

Sementara itu dari hasil penelusuran redaksi topiksulawesi.com melalui google, kejadian serupa juga sudah pernah terjadi di beberapa daerah, baik itu kasusnya yang tumbuh dari pohon yang telah ditebang, ada juga jantung pisangnya yang tumbuh dari batang pisang yang tidak ditebang melainkan tumbuh di tempat bagian batang yang luka.


Dalam salah satu artikel seperti yang dikutip dari tribuntimur.com Peneliti utama Badan Litbang Pertanian asal Majalengka, Prof I Djatnika menjelaskan, fenomena tersebut sejatinya sudah biasa terjadi.


Misalnya Kemunculan buah pisang di tengah batang, setidaknya dipicu oleh dua faktor,


Salah satunya, terdapat luka di bagian batang pohon pisang yang mana bisa menyebabkan buah muncul di batang, bukan di ujung.


"Pada saat bunga di dalam batang semu sedang berkembang, di atasnya ada luka, bisa luka karena serangga atau luka lainnya, maka buah akan keluar melalui tempat yang luka.


Meski demikian pemilik pohon pisang Pak Dewa Parsana mengatakan akan senantiasa merawat dengan baik pohon pisang tersebut, “ karena menurut saya ini adalah barang langka, maka saya berencana akan merawatnya siapatau saja jantung pisangnya bisa berkembang dan mengeluarkan buah”, tandasnya.

 (TS-Asriyadi)


> Baca Artikel Lain dari topiksulawesi.com

 - Manfaat Kulit Petai : Bisa Atasi Asam Urat Hingga Masalah Vitalitas Pria, Begini Cara Meramunya

Sering Dikira Rumput, Ternyata Daun Ini Memiliki Banyak Manfaat, Lihat Penyakit Apa Saja yang Bisa Diatasi

Nyesel Baru Tahu!!, Asam Urat Bisa Sembuh Hanya Dengan Buah Sirsak, Begini Caranya!


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Video : Unik dan Langka!!, Jantung Pisang Tumbuh Di Pohon yang Telah di Tebang

Trending Now