Iklan

iklan

Gempa Bumi Tektonik M. 5,5 Terasa di Poso dan Sigi, Tidak Berpotensi Sunami

Redaksi Topik
Senin, 27 Februari 2023 | 10:41 WIB Last Updated 2023-02-27T02:47:38Z

 



TOPIK SULAWESI, - Warga Sulawesi Tengah dikejutkan dengan guncang gempa magnitudo 5,5 yang terjadi pad Senin, 23/02/2023.


Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Sulawesi Tengah, gempa yang terjadi 27 Februari 2023 pukul 09.26 wita terjadi di wilayah Sigi, Sulawesi Tengah. 


Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M5,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,57° LS ; 120,26° BT, atau tepatnya berlokasi di darat 46 km Tenggara Sigi, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

Baca Juga : BMKG, Gempa Mag. 5,8 Guncang Wilayah Sigi, Sulawesi Tengah

 

Adapun jenis dan mekanisme Gempa berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( _strike-slip_ ).


Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Sigi dengan skala intensitas IV MMI yakni daerah Palu, Poso,  dan Wuasa dengan skala intensitas III-IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), 


Sementara daerah Toli-toli, Buol, Morowali Utara, Mamuju, Ampana, Wakai - Kep. Togean, Pasangkayu, Malili, Majene, Masamba dengan skala intensitas III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Sunami.

Baca Juga: Terungkap Gagasan Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Ada Sejak Zaman Presiden Ir. Soekarno

 

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.***


Sumber: BMKG 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gempa Bumi Tektonik M. 5,5 Terasa di Poso dan Sigi, Tidak Berpotensi Sunami

Trending Now