Iklan

iklan

Archi Research & Strategy, Rilis 6 Nama Cagub Kaltim yang Berpotensi Kuat Melawan Sang Petahana

Redaksi Topik
Rabu, 22 Maret 2023 | 08:28 WIB Last Updated 2023-03-22T00:44:38Z
6 Kandidat kuat yang bakal maju pada Pilgub Kaltim 2024 versi Archi Research & Strategy (CEO Archi, Mukhradis Hadi). (Foto: Istimewa)


Topiksulawesi.com - Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.


Luas total Kaltim adalah 127.346,92 km² dan populasi sebesar 3.793.152 jiwa dengan 14 Kabupaten di dalamnya. Kondisi dan letak geografisnya yang cukup strategis membuat Kaltim dipilih sebagai salahsatu daerah yang bakal menjadi Ibu Kota Negara (IKN) dan sebagai lokomotif pemerintahan Negara Republik Indonesia.


Kesiapan Kaltim menjadi ibu kota penyangga itu tentu saja tidak terlepas dari peran pemerintah daerahnya dalam menata Kaltim ke depan.


Baca Juga: Akankah Ganjar dan Prabowo Berduet? Mukhradis: Bakal Jadi Duet Progressive yang Sulit Dilawan


Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim kini sudah di depan mata, sejumlah calon kian gencar menata persiapan menuju pemilihan kepala daerah Pilgu 2024 mendatang.


Lalu, siapakah yang akan menjadi Kaltim 1 di tengah persaingan ketat para Cagub potensial yang mencuat sebulan ini?.


Lembaga Riset dan Strategy ARCHI merilis hasil Survey terbarunya pada pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2024 mendatang.


Mukhradis Hadi Kusuma Jaya CEO ARCHI membeberkan 6 nama calon yang diperkirakan bakal ikut dalam kontestasi Pilgub tersebut melawan petahana Kaltim 1.


"6 nama ini yang kemungkinan berpeluang besar menjadi calon terkuat dalam Pilgub Kaltim nantinya" ujar Mukhradis kepada Media ini, Rabu (22/03/2023).

Baca Juga: Archi Research & Strategy: Peran Penting Elektabilitas Digital Pada Tingkat Keterpilihan Kandidat di Pemilu 2024


Isran Noor akan kembali maju sebagai calon Gubernur kaltim 2024, pria yang sangat tenang, dan sarat pengalaman akan kembali maju mengingat sokongan publik luas di Kaltim.


Mukhradis menambahkan, "2024 akan beda bagi publik Kaltim, selain karena maraknya penantang Petahana dari hasil survey, Kaltim akan menjadi provinsi bernaungnya IKN yang akan menjadi lokomotif pemerintahan modern bangsa Indonesia," tambahnya.


Lalu siapakah sosok yang memiliki potensi elektabilitas kuat yang akan bertarung melawan Isran Noor?


6 Kandidat kuat yang bakal maju pada Pilgub Kaltim 2024 versi Archi Research & Strategy yakni


1. Rudy Mas’ud
Terkenal sebagai legislator yang Supel dan Suka Menolong. Digadang gadang Golkar maju menjadi  Kaltim 1. Elektabilitas Beliau menukik seiiring safari politik ke pelosok meningkat 1 tahun belakangan.

Baca Juga: Siapa Pemimpin Sultra 2024?, Survey Archi: 7 Nama Mencuat, Terdiri Dari Para Mantan Bupati dan Legislator. 


2. Andi Harun
Walikota di Ibukota Kaltim memberikan angin sengar dalam pemberitaan, membuat elektabilitasnya naik dengan beberapa gerakan politik yang populis. Andi Harun diperkirakan akan maju dan memberikan warna baru dalam pertarungan Pilgub Kaltim 2024.


3. Hadi Mulyadi
Sang Petahana Wagub, memiliki elektoral dengan segmen yang khas. Gaya santai dan santunnya memberikan posisi di hati publik Kaltim.


4. Ardiansyah Sulaiman.

Sang Bupati Kutai Timur yang belakangan muncul akan maju sebagai Cagub Kaltim. Dengan pengalaman panjang sebagai politisi membuatnya tahu peta perpolitikan Kaltim dengan gaya nya di Kutai Timur.


5. Edi Damansyah
Bupati Kutai Kartanegara, masuk dalam radar survey, selain karena kerja politik yang terbangun, jaringan politik di kaltim membuatnya diperhitungkan publik kaltim. Apalagi membuat zona pemilih di kaltim terbelah.


6. Safaruddin
Legislator dan memiliki pengalaman di kepolisian membuat pengaruh dalam pengambilan simpati publik. Namanya muncul sebagai cagub karena dinilai dekat dengan masyarakat.


"Petahana akan mendapat banyak lawan, selain karena elektabilitas petahana tidak konsisten. Gerakan politik lawan petahana semakin terbuka karena  mereka penantang yang bukan orang biasa." tandas Mukhradis.****

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Archi Research & Strategy, Rilis 6 Nama Cagub Kaltim yang Berpotensi Kuat Melawan Sang Petahana

Trending Now