Iklan

iklan

Survey Archi: Peta Senayan di Sulsel, 3 Partai ini Disebut Berpeluang Raih 2 Kursi di Pileg 2024

Redaksi Topik
Kamis, 30 Maret 2023 | 11:01 WIB Last Updated 2023-03-30T03:14:08Z
CEO Archi Research & Strategy, Mukhradis Hadi Kusuma, saat memberikan materi screening Kapten, di Archi House Makassar (29/03). (Foto: dok. Archi)


TOPIK SULAWESI - Lembaga survey ARCHI Research and Strategy mengeluarkan survey terbarunya atas pemetaan potensi kemenangan sejumlah partai politik (Parpol) pada pemilihan legislatif (Pileg) DPR-RI untuk provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 2024 mendatang.


Archi sendiri saat ini tengah menganalisis terhadap sejumlah partai yang berpotensi untuk mendapatkan tambahan 1 kursi khusus di Senayan untuk wilayah Provinsi Sulawesi Selatan pada pileg 2024 


"Saat ini kami juga sedang menganalisis partai apa saja yang berpotensi untuk mendapatkan satu kursi, mengingat sejumlah partai saat ini sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan tambahan satu kursi perwakilannya di parlemen, khusus di Sulawesi Selatan ini memang jumlah kursi sangat besar, di Sulsel 1 itu ada (8) kursi, Sulsel 2 itu (9) kursi, dan Sulsel 3 (7) kursi" Ujar CEO Archi Mukhradis Hadi Kusuma di sela-sela kegiatan screening kapten Archi di Archi House Makassar, Rabu (29/03/2022).


Baca Juga: Archi Research & Strategy: Peran Penting Elektabilitas Digital Pada Tingkat Keterpilihan Kandidat di Pemilu 2024


Mukhradis juga menyebutkan khusus untuk peta Senayan DPR-RI di dapil 1 Sulsel kemungkinan besar Golkar bisa dapatkan 2 kursi.


"Sebenarnya kalau kita amati di Sulsel 1 ini pada pileg 2019 kemarin itu kan suara yang terbesar yakni Pak Andi Uskara dari PPP, tetapi kalau kita amati dari jumlah suara di Sulawesi Selatan 1, Golkar bisa berpeluang mendapatkan 2 kursi kalau di bawah pak Hamza B Kady itu bisa bekerja maksimal, catatan lain kenapa Golkar bisa mendapat 2 kursi karena mesin partainya jalan, khusus di dapil 1, apalagi kalau calon Gubernur dari partai Golkar nantinya telah muncul" terang Mukhradis.


Sementara itu menurut Survey Archi lainnya di dapil Sulsel 2 peluang perolehan 2 kursi itu berada pada pertai besutan Prabowo Gerindra.


Baca Juga: Survey ARCHI: Dari 9 Calon, 4 Nama Menguat di Pilgub Sulsel 2024


"Di dapil 2 Sulsel, nama yang moncer itu Andi Darmawan Aras dari Gerindra, suaranya besar, kalau dia bisa meningkatkan suaranya lebih lagi sedikit, kemungkinan besar Gerindra bisa dapat 2 kursi, karena tumpahan suara dari Andi Darmawan Aras ini bisa berpeluang mencetak 1 kursi, sehingga di tahun 2024 nanti Gerindra punya potensi mendapatkan 2 kursi, meski sebelumnya di dapil Sulsel 2 ini sudah ada Golkar yang sebelumnya juga telah memiliki 2 kursi."


Sedangkan untuk partai-partai lain bila petahana tetap maju maka mereka pun bisa mendapatkan kursi yang sama


Sementara di Sulsel 3 menurut pengamatan Archi partai yang berpotensi mendapatkan 2 kursi adalah partai garapan Surya Paloh yakni Nasdem 


"Di Sulsel 3 yang unik adalah Nasdem, yah Nasdem dengan adanya Pak Rusdi Masse yang diketahui juga akan maju menjadi Calon Gubernur itu juga dengan elektabilitas yang dimilikinya saat ini sangat mendongkrak suara partai dan tentu saja berpeluang untuk mendapatkan 1 tambahan kursi, apalagi kalau Rusdi Masse mampu menguatkan perannya dan suaranya tumpah itu bisa berpeluang menciptakan 1 kursi, sehingga menjadikan Nasdem bisa mendapatkan 2 kursi di parlemen nantinya." jelas Mukhradis.


Baca Juga: Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Penundaan Pemilu 2024, Negara Bisa Chaos


Mukhradis menuturkan ada 2 inti dari penelitiannya saat ini, "ada 2 inti penelitian kami hari ini yang pertama, jika seorang calon Gubernur diusung dari partai politik nya dan diterima oleh masyarakat maka itu akan sangat berpengaruh terhadap partainya. 


Dan yang kedua, tahun 2019 dan 2024 nanti jumlah suaranya akan sedikit sama dari pemenang-pemenang suara terbesar, contoh dapil 1 ada Andi Muskara, di dapil 2 ada Andi Darmawan Aras, dan dapil 3 ada Rusdi Masse, kemungkinan besar dari tiga nama ini akan kokoh untuk menjadi lumbung suara dan akan membantu parpol dari suara tumpahan yang diraihnya untuk membantu partainya." terangnya.


"Itulah beberapa dari hasil penelitian kami selama beberapa hari ini di Sulawesi Selatan," tutup Mukhradis. (TS- Arya05)****

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Survey Archi: Peta Senayan di Sulsel, 3 Partai ini Disebut Berpeluang Raih 2 Kursi di Pileg 2024

Trending Now